fbpx
preloader

Masalah gusi berdarah

 

 

Mungkin Anda pernah mengalami momen saat Anda menyikat gigi dan tiba-tiba gusi Anda berdarah. Atau bahkan saat Anda mengunyah makanan keras, Anda merasa ada sensasi gusi yang berdarah. Masalah gusi berdarah adalah masalah umum yang sering dialami oleh banyak orang. Dalam artikel ini, kita akan membahas penyebab, gejala, serta cara mengatasi masalah gusi berdarah.

Apa yang Menyebabkan Gusi Berdarah?

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan gusi berdarah. Diantaranya adalah:

1. Penyikatan Gigi yang Terlalu Kuat

Salah satu penyebab umum gusi berdarah adalah menyikat gigi terlalu keras atau dengan sikat gigi yang kasar. Ini dapat merusak jaringan gusi dan menyebabkan perdarahan.

2. Penyakit Gusi

Gusi berdarah juga bisa menjadi tanda awal penyakit gusi seperti gingivitis atau periodontitis. Penyakit gusi membuat gusi meradang dan lebih rentan terhadap perdarahan.

3. Kebiasaan Merokok

Merokok dapat merusak gusi dan mempengaruhi aliran darah ke area gusi, yang dapat menyebabkan gusi berdarah.

4. Defisiensi Vitamin C

Kekurangan vitamin C dalam tubuh dapat menyebabkan gusi berdarah. Vitamin C penting untuk kesehatan gusi dan jaringan mulut.

Gejala Gusi Berdarah

Gusi berdarah biasanya disertai dengan gejala berikut:

1. Perdarahan saat Menyikat Gigi atau Menggunakan Benang Gigi

Ini adalah tanda paling umum dari masalah gusi berdarah. Saat Anda menyikat gigi atau menggunakan benang gigi, Anda mungkin melihat gusi berdarah.

2. Gusi yang Meradang

Gusi yang berdarah juga sering kali terlihat merah, bengkak, atau terasa nyeri.

3. Bau Mulut yang Tidak Sedap

Ketika gusi meradang, ini juga dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap.

4. Penarikan Gusi dari Gigi

Pada kasus yang lebih parah, gusi dapat mulai menarik diri dari gigi, meninggalkan gigi terbuka dan rentan terhadap masalah lainnya.

Cara Mengatasi Gusi Berdarah

Jika Anda mengalami gusi berdarah, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengatasinya:

1. Menyikat Gigi dengan Lembut

Gunakan sikat gigi yang lembut dan sikat gigi dengan gerakan lembut. Jangan menyikat terlalu keras karena ini dapat merusak gusi.

2. Gunakan Benang Gigi

Menggunakan benang gigi secara teratur dapat membantu membersihkan daerah di antara gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi.

3. Berkumur dengan Air Garam Hangat

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan gusi.

4. Konsultasi dengan Dokter Gigi

Jika masalah gusi berlarut-larut atau parah, segera berkonsultasi dengan dokter gigi atau dokter spesialis gusi untuk pemeriksaan lebih lanjut dan perawatan yang sesuai.

Penutup

Masalah gusi berdarah mungkin umum, tetapi tidak boleh diabaikan. Perawatan gigi yang baik, kebiasaan merokok yang dihindari, dan asupan vitamin C yang cukup adalah beberapa langkah yang dapat membantu mencegah gusi berdarah. Jika Anda mengalami gusi berdarah secara teratur, konsultasikan dengan dokter gigi Anda untuk mendapatkan perawatan yang sesuai dan mencegah masalah yang lebih serius. Terima kasih telah membaca artikel dari kami dokgidentalclinic.com

error: Content is protected !!