Tips jika gigi terasa ngilu

 

Gigi terasa ngilu karena terkikisnya lapisan pelindung email gigi, sehingga menyebabkan lapisan gigi yang disebut dengan dentin terekspos ke bagian luar gigi. Dentin kaya akan serabut saraf. Jika bagian ini terpapar berbagai rangsangan, seperti makanan atau minuman dengan suhu terlalu panas, dingin, atau asam, maka serabut saraf pada gigi tersebut akan terangsang, sehingga muncul rasa ngilu. Lalu, apa yang harus dilakukan jika gigi terasa ngilu?

1. Sikat gigi dengan menggunakan pasta gigi khusus Pasta gigi ini berbeda dengan pasta gigi biasa, karena mengandung berbagai macam zat yang berguna untuk mengurangi sensitivitas pada gigi.

2. Perhatikan makanan atau minuman Untuk mencegah gigi terasa ngilu, hindari makanan dan minuman yang terlalu panas, terlalu dingin, dan terlalu asam. Disarankan minum menggunakan sedotan agar gigi tidak terkena cairan minuman.

3. Periksa ke dokter gigi Agar mengetahui penyebab utama gigi terasa ngilu, dokter gigi bisa melihat lebih detil area gigi dan mulut. Sehingga, dokter gigi dapat memberi saran perawatan terbaik agar rasa ngilu hilang.