fbpx
preloader

Aligner atau Behel untuk Gigi Anak: Mana yang Lebih Baik?

 

Sebenarnya sih tergantung pada kasus ya tapi aligner itu memang memiliki beberapa keuntungan seperti lebih painless lebih nyaman digunakan eh bersifat lebih estetik mudah dibersihkan dan untuk perawatannya relatif lebih mudah dan singkat dibandingkan dengan behel konvensional. Jadi untuk anak-anak mungkin memang akan lebih mudah untuk memakai clear aligner dibandingkan behel.

Tambahan

Memastikan gigi anak Anda tumbuh dengan baik dan sehat adalah salah satu perhatian utama bagi orangtua. Salah satu masalah umum yang sering dihadapi adalah gigi yang tidak rata atau tumpang tindih. Dalam artikel ini, kami akan membahas opsi yang tersedia: aligner atau behel, dan membantu Anda memahami mana yang mungkin lebih baik untuk anak Anda.

Aligner Gigi untuk Anak

Aligner gigi adalah perangkat ortodontik transparan yang dirancang untuk memperbaiki penataan gigi tanpa menggunakan kawat atau bracket. Mereka terbuat dari plastik yang lembut dan nyaman digunakan. Ini adalah pilihan yang semakin populer, terutama di kalangan remaja dan anak-anak yang ingin perbaikan estetik tanpa terlalu mencolok. Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang aligner untuk anak Anda:

1. Proses yang Nyaman

Aligner dirancang untuk nyaman dipakai sepanjang hari. Anak Anda bisa melepasnya saat makan dan membersihkan gigi. Ini membuat proses perawatan lebih mudah diintegrasikan ke dalam rutinitas sehari-hari.

2. Estetik yang Lebih Baik

Karena aligner transparan, mereka lebih tidak terlihat dibandingkan behel tradisional. Ini bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk anak-anak yang merasa tidak percaya diri atau malu dengan penggunaan behel.

3. Perawatan yang Membutuhkan Disiplin

Penggunaan aligner membutuhkan disiplin, karena anak Anda harus memakainya sepanjang waktu (kecuali saat makan dan membersihkan gigi). Kehilangan atau lupa memakai aligner bisa memperlambat proses perawatan.

4. Ideal untuk Kasus Ringan hingga Sedang

Aligner umumnya direkomendasikan untuk kasus gigi yang ringan hingga sedang. Untuk masalah yang lebih serius, seperti masalah gigitan yang signifikan, behel mungkin menjadi pilihan yang lebih baik.

Behel Tradisional untuk Anak

Behel tradisional terdiri dari kawat, bracket, dan kadang-kadang perangkat lain seperti headgear. Mereka bekerja dengan cara mengekspresikan tekanan fisik pada gigi untuk menggerakkannya ke posisi yang benar. Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang behel tradisional untuk anak Anda:

1. Efektif untuk Kasus yang Lebih Serius

Behel tradisional seringkali merupakan pilihan yang lebih efektif untuk kasus gigi yang lebih serius, seperti masalah gigitan yang parah. Mereka dapat mengatasi berbagai masalah ortodontik dengan baik.

2. Perawatan yang Tidak Boleh Diabaikan

Behel memerlukan perawatan yang lebih intensif daripada aligner. Anak Anda perlu mengunjungi ortodontis secara teratur untuk penyesuaian kawat dan periksaan. Penggunaan behel juga memerlukan kehati-hatian saat makan untuk menghindari kerusakan.

3. Estetik yang Kurang Menarik

Meskipun beberapa variasi behel saat ini lebih estetis, behel tradisional masih terlihat lebih mencolok dibandingkan dengan aligner. Anak Anda mungkin perlu mengatasi perasaan malu terkait penampilan selama menggunakan behel.

4. Perawatan yang Mungkin Lebih Lama

Proses perawatan dengan behel tradisional mungkin memakan waktu lebih lama daripada aligner, terutama jika permasalahan gigi cukup kompleks. Ini berarti anak Anda mungkin perlu lebih banyak kunjungan ke ortodontis.

Bagaimana Memilih Antara Aligner dan Behel untuk Anak?

Memilih antara aligner dan behel untuk anak Anda adalah keputusan yang penting yang harus Anda buat bersama ortodontis. Berikut beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan:

1. Tingkat Keparahan Masalah Gigi

Tingkat keparahan masalah gigi anak Anda akan memengaruhi pilihan perawatan. Jika masalahnya cukup serius, behel tradisional mungkin lebih efektif.

2. Preferensi Anak Anda

Penting untuk mendengarkan preferensi anak Anda. Jika mereka merasa lebih nyaman dengan aligner yang tidak terlihat, itu bisa menjadi faktor penentu.

3. Kemampuan untuk Mematuhi Perawatan

Anda juga perlu mempertimbangkan kemampuan anak Anda untuk mematuhi perawatan. Aligner memerlukan disiplin dalam penggunaan sehari-hari.

4. Diskusi dengan Ortodontis

Akhirnya, konsultasikan dengan ortodontis anak Anda. Mereka memiliki pengetahuan dan pengalaman untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat.

 

Perawatan Setelah Pemilihan

Saat Anda telah memilih metode perawatan yang sesuai untuk gigi anak Anda, perlu untuk memahami beberapa hal terkait perawatan selama penggunaan aligner atau behel:

Perawatan Pemakaian

Bagi anak Anda yang menggunakan aligner, pastikan mereka memahami pentingnya memakai aligner sesuai dengan rekomendasi ortodontis. Kebiasaan pemakaian yang baik akan membantu memastikan hasil yang optimal.

Jika anak Anda menggunakan behel tradisional, mereka perlu menghindari makanan yang bisa merusak kawat atau bracket. Juga, pastikan untuk rutin mengunjungi ortodontis untuk penyesuaian kawat dan perawatan lainnya.

Kebersihan Gigi

Kebersihan gigi adalah kunci selama perawatan ortodontik. Ajari anak Anda untuk membersihkan gigi dengan benar, termasuk membersihkan bagian-bagian sulit di sekitar bracket dan kawat behel. Untuk pengguna aligner, penting untuk membersihkan aligner sebelum memasangnya kembali setelah makan.

Pemeriksaan Rutin

Terlepas dari metode perawatan yang dipilih, anak Anda perlu menjalani pemeriksaan rutin oleh ortodontis. Ini akan memungkinkan ortodontis memantau perkembangan perawatan dan melakukan penyesuaian yang diperlukan.

Tantangan yang Mungkin Dihadapi

Perawatan ortodontik, baik menggunakan aligner atau behel tradisional, dapat menghadirkan beberapa tantangan bagi anak Anda. Berikut beberapa yang mungkin Anda temui dan cara mengatasinya:

1. Ketidaknyamanan Awal

Saat pertama kali memakai aligner atau behel, anak Anda mungkin merasakan ketidaknyamanan atau sakit ringan. Ini adalah reaksi alami yang akan mereda dalam beberapa hari. Anda dapat memberikan obat pereda nyeri yang direkomendasikan oleh ortodontis jika diperlukan.

2. Perubahan Kebiasaan Makan

Bagi anak yang menggunakan behel, mereka perlu menghindari makanan keras atau lengket yang bisa merusak bracket atau kawat. Anda dapat membantu mereka dengan memberikan makanan yang lebih lembut dan mudah dikonsumsi.

3. Perawatan Kebersihan yang Lebih Intensif

Perawatan kebersihan gigi yang lebih intensif diperlukan selama perawatan ortodontik. Pastikan anak Anda memahami pentingnya membersihkan gigi dan perangkat ortodontik mereka dengan baik.

Kesimpulan

Memilih antara aligner dan behel tradisional untuk gigi anak Anda adalah keputusan yang penting dan harus dipertimbangkan dengan matang. Setiap metode memiliki kelebihan dan tantangannya sendiri. Konsultasikan dengan ortodontis anak Anda untuk memahami kondisi gigi mereka dan pilihan terbaik yang tersedia.

Yang paling penting adalah memberikan dukungan dan pengertian kepada anak Anda selama perawatan ortodontik. Ini adalah investasi jangka panjang dalam kesehatan dan kepercayaan diri mereka. Dengan perawatan yang tepat, mereka akan memiliki senyuman yang indah dan gigi yang sehat di masa depan.

Terima kasih sudah membaca artikel dari dokgidentalclinic.com

error: Content is protected !!