fbpx
preloader

 

Supernumerary teeth adalah

 

Pernahkah Anda mendengar tentang supernumerary teeth? Ya, supernumerary teeth adalah kondisi di mana seseorang memiliki gigi ‘ekstra’ yang melebihi jumlah gigi normal yang seharusnya dimiliki manusia. Fenomena ini bisa terjadi pada siapa saja tanpa memandang usia atau latar belakang tertentu.

 

Apa Itu Supernumerary Teeth?

Supernumerary teeth, atau dikenal juga sebagai gigi tambahan, adalah kondisi di mana seseorang memiliki lebih banyak gigi daripada jumlah gigi normal yang ada dalam rahang manusia. Biasanya, orang dewasa seharusnya memiliki 32 gigi, termasuk empat gigi geraham bungsu. Namun, pada kasus supernumerary teeth, seseorang bisa memiliki satu atau beberapa gigi tambahan yang tumbuh di area rahang tertentu.

 

Penyebab dan Jenis Supernumerary Teeth

Penyebab pasti dari kondisi ini belum sepenuhnya dipahami. Namun, ada beberapa faktor yang diyakini berperan dalam pertumbuhan gigi tambahan ini. Beberapa faktor yang dianggap mempengaruhi termasuk faktor genetik dan faktor lingkungan.

 

Gigi supernumerary dapat muncul dalam berbagai bentuk dan ukuran. Beberapa jenis yang umum termasuk:

Mesiodens: Gigi tambahan yang tumbuh di antara gigi seri di rahang atas. Ini adalah jenis paling umum dari supernumerary teeth.

Distomolar: Jenis ini terjadi ketika gigi tambahan tumbuh di belakang gigi geraham bungsu.

Paramolar: Supernumerary teeth yang tumbuh di samping gigi geraham.

 

Penanganan gigi supernumerary biasanya melibatkan intervensi dokter gigi. Pilihan perawatan bisa berupa pencabutan gigi tambahan jika menyebabkan masalah seperti gangguan pertumbuhan gigi normal atau tekanan pada gigi lain di sekitarnya.

 

Saat mempertimbangkan perawatan untuk supernumerary teeth, konsultasikan dengan dokter gigi untuk mendapatkan rekomendasi terbaik sesuai dengan kondisi Anda. Terima kasih telah membaca artikel dari kami dokgidentalclinic.com

error: Content is protected !!